May 25, 2021 By alejandroperal.com 0

Apakah Operasi Katarak Satu-Satunya Pilihan Saat Katarak Berkembang

Melakukan operasi bukanlah pilihan yang disambut baik, tetapi keharusan untuk melakukannya biasanya diterima. Daripada terus menderita suatu kondisi, lebih baik melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Seperti setiap prosedur pembedahan lainnya, ini adalah bagian dari proses berpikir ketika seseorang memilih untuk menjalani operasi katarak. Perkembangan katarak adalah sesuatu yang hampir semua dari kita harus tangani, terutama saat kita mencapai tahap akhir kehidupan. Tetapi kemungkinan melihat anatomi mata besar kita akan melihat berbagai pengobatan katarak alternatif sebelum menetapkan fakta bahwa pembedahan harus dilakukan. Keragu-raguan ini adalah hal yang wajar, dan memang sudah diperkirakan. Namun, saat katarak berkembang dan kualitas penglihatan menurun karena penglihatan mata semakin terpengaruh, hanya satu tindakan yang dapat diambil. Di saat itulah operasi katarak akhirnya diputuskan.

Namun, pada tahap paling awal, ada beberapa perawatan lain yang digunakan yang dirancang untuk mengatasi masalah, bukan untuk menyembuhkannya.

Kacamata dan Lensa Kontak – Perawatan yang paling jelas adalah penggunaan kacamata resep dan lensa kontak. Ini adalah perawatan yang paling umum, dan fakta bahwa bahkan anak kecil diberi klinik mata bekasi kacamata untuk dipakai untuk mengatasi penglihatan yang buruk, menunjukkan sejauh mana kami mempercayai opsi ini. Faktanya, ada jutaan orang di seluruh negeri yang telah memakai kacamata sepanjang hidup mereka. Lensa kontak, sementara itu, sedikit lebih modern dalam penggunaannya, dengan perawatan baru menjadi populer di pertengahan 1980-an, ketika lensa kontak menjadi lebih terjangkau. Saat ini, lensa ini juga digunakan untuk tujuan estetika, tetapi lensa resep memainkan peran yang sangat efektif dalam meningkatkan penglihatan mata.

Masalah dengan kedua pilihan ini adalah bahwa mereka sama sekali tidak mengurangi, memperbaiki atau menyembuhkan kondisi tersebut. Semua yang mereka lakukan adalah melawan kelemahan alami mata. Katarak, misalnya, akan berkembang tanpa henti, yang berarti kacamata dan lensa kontak tidak melakukan apa pun untuk menyelamatkan penglihatan.

Minum Obat – Tidak tersedia obat yang dapat menyembuhkan katarak. Masalahnya, kondisi tersebut menyebabkan lensa alami menjadi keruh, terutama akibat proses penuaan. Lensa kehilangan elastisitas dan kekakuannya, dan saat menjadi keras, lensa menjadi awan.

Meskipun obat-obatan dan suplemen vitamin dapat menggantikan beberapa makanan yang hilang di area tubuh, keduanya tidak dapat mencegah proses penuaan. Oleh karena itu, mereka tidak dapat menyembuhkan katarak. Secara umum diyakini, tetapi tidak terbukti, bahwa mereka dapat sedikit membantu memperlambat perkembangan katarak.

Pilihan Gaya Hidup – Perawatan lain benar-benar hanya masalah hidup proaktif. Gaya hidup dianggap berperan dalam perkembangan katarak, dengan aspek-aspek seperti merokok, minum minuman keras, dan pola makan yang buruk semuanya terdaftar sebagai faktor yang berkontribusi.

Banyak konsultan mata akan menyarankan pasien mereka untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak. Seberapa efektif perawatan ini, terbuka untuk interpretasi, tetapi tidak ada keraguan tentang manfaat umumnya.

Kepastian Operasi – Semua perawatan yang disebutkan di atas tidak ada gunanya menyembuhkan masalah katarak pada mata. Mereka hanya meringankan atau melawan efeknya. Tetapi kebenaran sederhananya adalah bahwa tidak peduli jalan apa yang dipilih, semuanya mengarah pada kebutuhan untuk operasi. Kondisi tersebut akan terus berkembang, baik secara perlahan maupun cepat, hingga akhirnya penglihatan hilang sama sekali.

Selama berabad-abad, katarak telah dikenal sebagai kondisi yang memerlukan tindakan pembedahan. Bahkan di India, pada zaman kuno, ada prosedur untuk mendorong lensa yang kaku keluar dari retina.

Saat ini, operasi katarak melibatkan pemecahan lensa dengan gelombang ultrasonik, mengeluarkan potongan melalui flap di kornea, dan kemudian menggantinya dengan lensa buatan. Lensa baru ini tidak akan pernah menyerah pada usia, sehingga memastikan katarak tidak akan pernah berkembang lagi.

Ketepatan prosedur dijalankan berarti bahwa itu adalah salah satu yang paling aman yang diketahui dalam pengobatan. Perbedaan yang didapat dengan menjalani operasi katarak bagi pasien sangat mencengangkan, terutama jika desain lensa bias, meniadakan kondisi lain seperti rabun jauh dan pendek.

Tetapi hal penting untuk disadari, adalah bahwa, sebagai pengobatan katarak, operasi adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan masalah setelah mulai berkembang. Segala sesuatu yang lain menjadi tidak efektif.