January 3, 2022 By alejandroperal.com 0

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara mengaktifkan dan gunakan NFC (Near Field Communication) di iPhone kini udah tersedia bilamana iOS di perangkat iPhone kamu udah di update ke iOS teranyar (minimal iOS 12, stabil iOS 13). Artinya, kamu udah dapat cek saldo e-Money dan top-up saldo eMoney segera dari smartphone iPhone kamu. Terutama membuat kamu pengguna seri iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan seterusnya, dan juga iPhone SE (Generasi 2), kamu udah dapat gunakan NFC bersama dengan update iOS ke versi teranyar (saat artikel ini dipublish iOS paling baru adalah iOS 14).

Namun demikian, perlu dipastikan bahwa model NFC yang menghendaki dibaca (scanning) adalah NFC bersama dengan format NDEF (NFC Data Exchange Format). Mengingat, untuk waktu ini (sampai artikel ini diposting) NFC model itulah yang digunakan iPhone. NFC, chip yang udah sering kamu dengar didalam pembayaran elektronik (e-Money) ini sebetulnya udah terlampau lama ditunggu oleh pengguna iPhone Cara Menggunakan NFC di iPhone .

Mengingata, fitur ini udah tersedia di Android sejak th. 2010. Saat itu, hp Android yang pertama kali sediakan fitur NFC adalah Samsung Nexus S. Sejarah Perkembangan NFC di iPhone DAFTAR ISI [HIDE] Sejarah Perkembangan NFC di iPhone Cara Menggunakan NFC di iPhone untuk Cek dan Top Up Saldo Uang Elektronik Cara Cek Saldo Kartu Elektronik bersama dengan NFC iPhone Cara Top Up Kartu Elektronik Menggunakan NFC iPhone Menggunakan NFC iPhone Lewat Mandiri Online dan BRImo BRI Aplikasi Pemindai NFC dan Otentikasi Produk di iPhone Akhir Kata Baca juga: 4 Cara Memindahkan Kontak dan Semua Data dari Android ke iPhone Sebagai pengantar,

sedikit kita bahas perihal ‘terkenalnya penamaan’ e-Money. Penamaan selanjutnya sebetulnya istilah umum. Namun populer dan jadi sama bersama dengan kartu emoney milik bank Mandiri. Sementara untuk alat pembayaran elektronik didalam suatu tempat server atau chip terhadap bank lainnya termasuk sebagian diantaranya punyai product yang sama. Misalnya, bank BCA bersama dengan nama Flazz, bank BNI bersama dengan Tapcash dan bank BRI bersama dengan Brizzi.

Namun begitu, masyarakat Indonesia lebih menyukai gunakan Mandiri e-Money, terlebih waktu ini udah dapat dukungan dengna fitur NFC dari iPhone. BACA JUGA: Cara Cepat Mematikan Suara Kamera di iPhone 2 Cara Screenshot di iPhone 5s/6/6s/7/8 Cara Aktifkan Perintah Suara Voice Control di iPhone Sebetulnya, Apple pertama kali membekali NFC terhadap link iPhone yaitu terhadap seri iPhone 6 (September 2014). Namun cuma dapat dapat digunakan terhadap penggunaan Apple Pay saja. Namun sejak update iOS 11,

iPhone udah dapat membaca NFC tags tanpa perlu aplikasi khusus. Jenis iPhone iPhone 6, iPhone 6S, iPhone SE (Gen 1), iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iphone 8 Plus, iPhone X iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone SE (Gen 2) Minimal iOS iOS 12 iOS 11 (untuk Read) iOS 13 (untuk Write) – Pembayaran NFC Ya Ya Ya Bisa baca / read NFC Ya (Apple Pay saja) Ya Ya Bisa tulis / write NFC Tidak Ya (minimal iOS 13) Ya Perlu aplikasi untuk baca / read NFC Ya Ya Ya Perlu aplikasi untuk tulis / write NFC Tidak Didukung Ya (minimal iOS 13) Ya Bisa baca NFC di background Tidak Tidak Ya Sumber tabel: https://store.momokun.id/ Seperti yang udah disinggung sebelumnya, bahwa model NFC yang di support iPhone adalah model NFC bersama dengan format NDEF.

Dalam hal ini, format NFC selain itu tidak dapat digunakan di iPhone. Nah, awalannya tidak benar dua product kartu emoney yang menunjang format NDEF (yang digunakan iPhone) adalah Mandiri e-Money (lewat Tokopedia dan aplikasi Mandiri Online), sejak di update ke versi 2.3.4. Serta dapat termasuk digunakan terhadap kartu pembayaran elektronik BRI BRIZZI (lewat Tokopedia dan BRImo BRI).

Kemudian terhadap Februari 2021 kemain pihak BCA mengumumkan, akhirnya BCA Mobile (BCA Mobile for iPhone versi 2.7.2) akhirnya menunjang NFC di iPhone. Serta dapat digunakan untuk scan cek saldo dan topup saldo untuk kartu elektronik miliknya, Flazz.

Lihat juga: Cara Membuat QR Code Berisi Gambar, Maps, File PDF bersama dengan Logo Sendiri Cara Menggunakan NFC di iPhone untuk Cek dan Top Up Saldo Uang Elektronik Adapun langkah gunakan NFC di iPhone untuk mengecek saldo dan top up atau isikan saldo duwit elektronik atau emoney, pastikan kamu gunakan tidak benar satu dari 2 kartu pembayaran elektronik selanjutnya ini: Kartu Mandiri E-Money, atau BRI BRIZZI Serta gunakan tidak benar satu aplikasi atau mobile banking yang di dukung.

Misalnya Tokopedia (Mandiri e-Money dan BRI BRIZZI), Mandiri Online untuk Mandiri e-Money, atau BRImo BRI untuk BRI BRIZZI. Untuk waktu BCA Flazz tetap belum tersedia di Tokopedia, jadi kamu perlu scan cek saldo atau topup saldo kartu Flazz kamu melalui BCA Mobile banking saja. Nah, untuk tutorial kali ini, dimisalkan kamu gunakan aplikasi Tokopedia didalam gunakan NFC di iPhone untuk update saldo dan isikan saldo / top up duwit elektronik.

Langkah-langkah gunakan NFC iPhone: Cara Cek Saldo Kartu Elektronik bersama dengan NFC iPhone Berikut ini beberapa langkah langkah gunakan NFC di iPhone untuk cek saldo kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) kamu: Gunakan aplikasi Tokopedia for iPhone update terbaru. Di bagian tampilan utama atau Home, pilih menu Top-Up & Tagihan. Lalu pilih opsi Uang Elektronik. Nah, silahkan tap tombol Update Saldo untuk cek saldo kartu elektronik kamu bersama dengan NFC di iPhone.

Jika udah nampak perintah tempelkan karu, kamu tinggal tempelkan kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) kamu sama di lebih kurang kamera belakang ponsel atau bagian sensor NFC di iPhone kamu. Sejurus kemudian dapat segera tampil Info perihal duwit elektronik kamu. Biasanya ditampilkan nomer kartu dan saldo kartu elektronik kamu. Cek saldo kartu elektronik gunakan NFC iPhone selesai. Sekarang top-up atau isikan saldo kartu elektronik bersama dengan NFC iPhone.